Monday 6 August 2012

// // Leave a Comment

Tips untuk menghindari ancaman virus Internet

Hingga 10 Juli lalu,menurut Barry Greene,seorang konsultan keamanan yang menjadi relawan DNS Changer Working yang dikutip Routers,kiamat internet relative tidak terbukti,sebab aduan yang masuk dari masyarakat tidak ada peningkatan.
Pun demikian,kewaspadaan tetap harus menjadi pegangan.Berikut dua tips bagi netizen agar selalu nyaman dalam kegiatan surfing tanpa terpancing isu yang sedang marak beredar,apalagi terganggu berbagai ancaman diluar.
Pertama,ketahui dahulu sumber informasi.Meskipun sumber tersebut berasal dari Negara luar,bukan berarti sumber tersebut dapat dipercaya.Contohnya,ketika anda googling kata “kiamat internet” atau “Internet doomsday”,konten banyak yang tidak muncul dari situs kompeten seperti situs berita selevel BBC atau pun rilis resmi pemerintahan Amerika Serikat.
Jangan pula untuk langsung mempercayai apa yang dilempar forum internet yang kadang menjadi sumber hoax.Apabila anda menemui konten yang provokatif,cermatilah konten tersebut dan cari sumbernya.Apabila perlu silahkan anda mengeluarkan pertanyaan yang kritis di forum terkait.
Kedua,Selalu Update antivirus.Langkah ini memang langkah yang paling realistis,apalagi internet menawarkan antivirus yang kualitasnya tidak diragukan lagi dan gratis.Jika anda menginginkan antivirus yang lebih andal maka anda siap untuk merogoh sedikit kocek dalam kantong anda untuk membeli antivirus andal yang berbayar.Meskipun harganya tak terlalu mahal tapi ukuran jaminan keamanan tinggi.
Pun demikian,Anda harus siap dengan konsekuensi menggunakan antivirus ini.Terkadang bisa memberatkan kapasitas memori dan membuat computer menjadi sedikit lelet.Atau juga men-delete atau memblokir file yang akhirnya membuat crash.

Sumber:Pikiran Rakyat, www.cerkas.co

0 comments:

Post a Comment